Oi, Ini Tanggal Berapa?

(Hari Ke 23)

23 Januari 2013.

Deg. Tidak terasa hari ini sudah menginjak minggu terakhir dalam project #3oHariBercerita. Ternyata berkomitmen untuk menulis cerita selama tiga puluh hari berturut-turut tidak lah semudah yang dibayangkan. Mungkin karena masalah waktu, mungkin karena koneksi yang batu. Terkadang butuh waktu yang tidak sebentar untuk mendapat ide, menulis, hingga mem-post tulisan di blog. Dan dari sekian banyak alasan yang membuatnya tidak mudah, ide terkadang menjadi momok paling berat. Lucu ya, dari sekian banyak hal yang terjadi pada satu hari, menceritakannya dalam deretan kata tidak segampang yang dikira. Atau mungkin memang hanya saya yang sulit melakukannya?

*Sampai sekarang pun, saya masih sering bolong-bolong, berhutang cerita, dan membayar pada hari berikutnya.

Sejauh ini, saya bercerita tentang apa pun. Tentang segala sesuatu yang seketika muncul di kepala dan meminta untuk ditulisan. Tidak melulu menulis tentang cerita kejadian sehari-hari. Kadang kejadian sehari-hari yang ditransformasi menjadi puisi atau sajak yang entah berantah, kadang hanya gambar-gambar dan ulasan singkat, kadang cerita pendek baru ditulis dengan ide cerita lama, kadang juga tentang coretan “masa lalu” yang tidak sengaja ditemukan di folder penyimpanan pada laptop.

Jujur, dari sekian banyak tulisan yang ditulis, saya sadar kalau saya belum mampu menulis dengan baik. Masih banyak tulisan saya yang berantakan. Saya pun sering iri dengan si ini yang bisa menulis dengan sebegitu bagusnya, pada si itu yang bisa menulis dengan menariknya. Tapi dari sini lah saya belajar untuk tidak lelah belajar.

Jangan berhenti membaca.

Jangan berhenti melatih kepala untuk menemukan ide.

Jangan berhenti memasang segala indera.

Jangan berhenti menulis, pokoknya jangan.

-si amatir.

Tinggalkan Balasan

